LAPORAN STUDI TOUR KE JAKARTA-BANDUNG

Home » » LAPORAN STUDI TOUR KE JAKARTA-BANDUNG

LAPORAN STUDI TOUR KE JAKARTA
PENGESAHAN

Laporan ini di setujui dan disahkan sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti ujian akhir sekolah / ujian nasional (UAS / UN ) pada SMP N 1 Atap Gandrungmangu tahun pelajaran 2013/2014 pada:

Hari                             :
Tanggal                       :

Mengetahui
Kepala sekolah SMP N 1 Atap
Gandrungmangu                                                                     Pembimbing

Sukamto, S, pd                                                                      Rodiyati D2, S. pd,

MOTTO

1.      Pendidikan adalah bekal untuk masa depan
2.      Kegagalan adalah sukses yang tertunda
3.      Kesuksesan berasal dari kemauan yang kuat

PERSEMBAHAN

Laporan perjalanan ini penulis mempersembahkan kepada :
1.      Bapak kepala sekolah
2.      Bapak/Ibu guru pembimbing kami yang telah mengarahkan kami dalam pembuatan karya tulis ini.
3.      Kakak – kakak kelasku yang telah membantu dan mendukung kami dalam pembuatan karya tulis ini.
4.      Teman – teman kami yang telah member motivasi sehingga kami dapat membuat karya tulis ini dengan baik.
5.      Kedua orang tua kami tercinta yang telah membimbing dan member dukungan secara moral dan materi kepada kami.
6.      Semua pihak yang telah membantu penulisan dalam pembuatan laporan ini.

KATA PENGANTAR

Puji syukur Kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya sehingga dapat menyelesaikan karya tulis ini tanpa ada halangan suatu apapun.
Dengan membaca laporan ini, wawasan dan pengetahuan pembaca menjadi bertambah. Kami juga tidak lupa mengucapkan terikasih kepada :
1.      Bapak  Soekamto S, Pd, selaku kepada sekolah yang telah mengkoordinir para guru dan siswa
2.      Ibu Rodiyati Dzakiyatun S, Pd, selaki wali kelas sekaligus pembimbing yang telah banyak memberi pengarahan, membantu dan membimbing kami dalam pembuatan karya tulis ini.
3.      Teman – teman kami yang saling membantu dalam pembuatan laporan ini.
4.      Keluarga tercinta yang telah membantu dan mendukung kami dalam pembuatan laporan ini.

DAFTAR ISI

B.     Tujuan obyek kunjungan
BAB II OBYEK YANG DI KUNJUNGI
1.      GSA (Gelanggang Samudra Ancol)
2.      Dufan (Dunia Fantasi)
3.      Pantai Samudra Biru Ancol
4.      Museum Lubang Buaya
5.      TMII
6.      PP IPTEK
7.      Studio ANTV (pesbukers)
8.      Wisata belanja cibaduyut

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Latar belakang diadakannya widya wisata adalah untuk menambah wawasan dan cakrawala siswa. Siswa juga dapat mempraktekan secara langsung pengetahuan yang di sampaikan langsung oleh guru. Kegiatan ini juga program osis unggulan yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Pada tahun angkatan kami ini, kamu menuju obyek wisata yaitu sebagai berikut :
2.      Dufan
3.      Lubang Buaya
4.      TMII
5.      PP IPTEK
6.      Pesbukers
7.      Cibaduyut
8.      Sarimanis

B.     Tujuan obyek kunjungan
Kegiatan karya tulis widya wisata ini merupakan program osis yang bertujuan untuk  :
1.      Menambah wawasan siswa.
2.      Mempraktekan teori secara langsung
3.      Untuk mengikuti dan melengkapi syarat ujian nasional (UN)

C.     Alas an pemilihan judul

Kami memilih judul ini karena ide pokok dari kelompok kami

BAB I PENDAHULUAN

BAB II
OBJEK YANG DI KUNJUNGI

1.      GSA (Gelanggang Samudra Ancol)
Kami sampai di GSA sekitar pukul 08:30 WIB, sebelum turun dari bus kami membeli tiket masuk terlebih dahulu, setelah itu kami langsung turun dari bus dan menuju pintu masuk. Sebelum masuk kedalam, tangan kami harus di stempel, stempel tersebut sangat beguna, karena dengan stempel tersebut kami dapat menikmati wahana yang ada di GSA.
Setelah itu kami masuk dan melihat pertunjukan seperti :
Singa laut, pertunjukannya sangat seru dan menarik. Singa lautnya sudah terlatih kami sangat kagum pada hewan tersebut, karena hewan tersebut mengerti apa yang di katakana oleh pelatihnya. Setelah ±15 menit kami menyaksikan pertunjukan singa laut, lalu kami menuju wahana kedua yaitu 4 dimensi ( film spongebob squarepants) yang berdurasi ±15 menit. Setelah itu kami menuju wahana yang ketiga yaitu 3 dimensi (drama putri duyung) drama ini menceritakan tentang putrid duyung yang ketakutan karena kerajaan miliknya akan di rebut oleh si gurita yang sangat kejam dan jahat.
Setelah kami menikmati pertunjukan yang terdapat di GSA, kami melanjutkan perjalanan menuju Dufan. Namun sebelum meuju ke dufankami makan siang terlebih dahulu, sehabis makan siang kami menuju ke parkiran bus untuk mengambil alat sholat, untuk melaksanakan sholat dzuhur dan asyar secara di jamak dan berjamaah. Setelah selesai melaksanakan sholat kami melanjutkan perjalanan menuju dufan yang tempatnya tidak jauh dari GSA.
2.      DUFAN (Dunia Fantasi)
Kami sampai dufan sekitar pukul 11.30 WIB, dufan adalah obyek yang sangat kami nanti – nantikan, karena di dalam dufan terdapat banyak permainan yang dapat di coba.
Sebelum masuk kedalam, tangan kami harus di stempel terlebih dahulu, setelah itu kami dapat menikmati wahana – wahana yang terdapat di dalam dufan, disana banyak wahana yang dapat di coba seperti :
1.      Halilintar
9.      Biang lala
10.  Kora – kora
11.  Poci – poci
12.  Ontang – anting Dll.
Hari mulai sore setelah kami puas menikmati wahana yang ada di dalam dufan, kami langsung menuju rumah makan laut biru. Disana kami makan malam, setelah makan malam kami  menuju pantai laut biru ancol.
3.      Pantai samudra biru ancol
Dipantai samudra ancol kami semua sangat senang, ada yang berfoto – foto dan ada juga yang naik perahu. Padahal tidak diperbolehkan oleh bapak atau ibu guru Karen hari sudah mulai gelap.
-          Sejarah pantai samudra ancol
Taman impian jaya ancol sudah berdiri sejak abad ke 17. Waktu itu Gubernur Jendral Hindia Blanda, Adrian Valckenier memiliki rumah peristirahatan sangat indah di pantai. Seiring perjalanan waktu, kawasan itu kemudian berkembang menjadi tempat wisata. Sayangnya ketika perang dunia II meletus disusul perang kemerdekaan. Ancol terlupakan, sungai ciliwung secara leluasa menumpahkan air dan lumpurnya kesana, sehingga menyebabkan kawasan tersebut menjadi kotor, kumuh dan berlumpur. Lewat keputusan presiden pada akhir 1965, bung Karno memerintah kepada Gubernur DKI Jaya waktu itu, Dr Soemarno sebagai pelaksana pembangunan proyek taman impian jaya ancol. Proyek ini baru terlaksana dibawah pimpinan Alisadikin. Yang waktu itu menjadi  gubernur Jakarta. Sejak awal berdirinya pada tahun 1966, ancol sudah di tunjukan sebagai kawasan eisata terpadu oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta yang membentuk PT pembangunan jaya sebagai bulan pelaksana pembangunan (BPP) sejalan dengan perkembangan perusahaan yang semakin meningkat pada tahun 1992 status badan pelaksana pembangunan (BPP) proyek ancol di ubah menjadi PT pembangunan jaya ancol sesuai dengan akta perubahan no 33 tanggal 10 juli 1992 sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT pembangunan jaya dan 80% dimiliki oleh pemda DKI Jakarta,. Pada tanggal 2 juli 2014, ancol melakukan “go public” dan mengganti statusnya menjadi PT pembangunan jaya ancol terbaik dengan kepemilikan saham 72% oleh pemda DKI Jakarta, dan 18% oleh PT pembangunan jaya dan 10% oleh masyarakat.
4.      Museum lubang buaya
Setelah semalam beristirahat di asrama haji pondok gede, kami melanjutkan perjalanan ke lubang buaya pada esok harinya. Kami melanjutkan perjalanan ke lubang buaya pukul 08.00. sampai di sana kami di ceritakan tentang sejarah sumur lubang buaya oleh pemandu, lubang buaya adalah sebuag tempat di kawasan pondok gede, Jakarta yang menjadi tempat pembuangan para korban G 30 S PKI, pada tanggal 30 September 1965. Secara spesitif, sumur lubang terletak di kelurahan lubang buaya kecamatan cipayun, Jakarta timur. Lubang buaya pada terjadinya G 30 SPKI, saat itu merupakan pusat pelatihan milik komunis Indonesia. Saat ini tempat tersebut berdiri lapangan peringatan lubang buaya yang berisi monumen pancasila, sebuah museum diorama, sumur tempat para korban di buang, serta sebuah ruangan relic.
Nama lubang buaya sendiri berasal dari sebuah legenda yang mengatakan bahwa ada buaya – buaya putih di sungai yang teletak di kawasan itu. Di lubang buaya terdapat patung elang dan pahlawan, patung elang itu sangat besar. Selain itu juga terdapat rumah yang di dalamnya ketujuh pahlawan di siksa dan di bunuh. Terdapat mobil yang di gunakan untuk mengangkut orang – orang.
Setelah mendengarkan sejarah lubang buaya kami langsung menuju sumur lubang buaya, setelah itu kami berfoto bersama di depan patung pahlawan revolusi, setelah lama kemudian, kami melanjutkan perjalan ke TMII dan PP IPTEK.
5.      Taman mini Indonesia indah (TMII)
Kami sampai di TMII kira – kira pukul 09.45 WIB, namun kami tidak langsung turun, kami berkeliling – keliling memutari taman mini sambil melihat – lihat pemandangan dan rumah adat Indonesia.
Rumah adat Indonesia yang terdapat di taman mini Indonesia sangat indah dan bagus diantaranya seperti rumah adat jawa barat, jawa tengah, jawa timur, Sumatra, NTT, NTB,papua, DIY,dan lain- lain. Kami mengelilingi TMII ±20 menit untuk melihat beberapa rumah adat yang ada disana.
6.      PP IPTEK (pusat peragaan ilmu dan teknologi)
Kami sampai di PP IPTEK sekitar pukul 10.20 WIB, sebelum kami di beri pengarahan dan bimbingan kami masuk satu persatu. Di dalam gedung PP IPTEK terdapat 300 alat peraga yang di bagi dalam 10 zona.
Di setiap alat peraga terdapat petunjuk dan cara memainkannya. Kami sangat terkagum pada sepeda kawat,sepeda yang  dapat berjalan di atas kawat tanpa terjatuh dan alat peraga De Graf yaitu alat peraga yang dapat membuat rambut kami berdiri.
Alat peraga yang lain seperti :
Bola listrik
Katrol
Rumah gempa
Telur unik
Gelombang transversal
Penampakan gejala yang tidak tampak, dll
Setelah mencoba beberapa alat peraga yang ada didalam PP IPTEK kami berjalan – jalan sambil berfoto – foto dan membeli beberapa cendera mata (accessories) yang terdapat di luar gedung PP IPTEK, setelah kami membeli cendra mata kami menuju parkiran bus dan di beri makan untuk makan siang, setelah selesai kami istirahat sejenak, setelah beberapa menit kami melanjutkan perjalanan kami le pesbukers.

7.      Pesbukers
Kami sampai di pesbukers pukul 15.00, sebelum acara di mulai kami melaksanakan sholat dhuzur dan ashar secara di jamak dengan bergantian. Pesbukers merupakan sebuah acara televise yang di tayangkan oleh ANTV setiap hari, pada pukul 18.00 – 19.00 WIB. Acara pertama kali mulai pada tanggal 25 juli 2011 dengan artis :
-          Olga Syahputra                                   - Jessika Iskandar
-          Billy Syahputra                                   - Kartika Putri
-          Raffi Ahmad                                       - Syahnas
-          Chan Kelvin                                        - Opik Kumis
-          Tara Budiman                         - Sapri
Yang berisi acara yang berhubungan dengan anak gaul (ABG) dan di siarkan selama 60 menit (15 menit sebelum adzan maghrib dan di lanjutkan 3 menit setelah iklan). Pesbukers pernah memenangkan Panasonic Gobel Award 2013 dan Panasonic Gobel Award 2014 untuk kategori program komedi terbaik.
Setelah selesai acara pesbukers, kami melanjutkan perjalanan ke cibaduyut. Namun sebelum melanjutkan perjalanan ke cibaduyut, kami mampir ke sebuah rumah makan terlebih dahulu untuk melaksanakan sholat subuh dan makan. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke wisata berbelanja cibaduyut.
8.      Cibaduyut
Cibaduyut adalah salah satu obyek yang kami kunjungi, kami sampai di cibaduyut kira – kira pukul 00.50 WIB, sesampai di sana kami langsung turun dari bus untuk memulai berbelanja.
Disana kami berbelanja pakaian, boneka, accessories, buah, dan lain – lain. Setelah kami puas berbelanja, kami melanjutkan perjalanan ke pusat oleh – oleh sarimanis.
9.      Sarimanis / Oleh – Oleh
Kami sampai di sarimanis pada pukul 03.12 WIB. Semua siswa turun dari bus untuk membeli oleh – oleh makanan. Tetapi ada juga beberapa siswa yang tidak membeli oleh – oleh karena ketiduran. Di sarimanis ada yang membeli dodol dan kue – kue kering. Setelah membeli oleh – oleh di sarimanis, kami melanjutkan perjalanan kami untuk pulang kerumah.

Bab III Dokumentasi
Foto – foto lokasi yang di kunjungi

Bab IV
Penutup
1.      Kesimpulan
Kegiatan widya wisata ini merupakan program osis unggulan yang diadakan setiap tahunnya, yang berguna untuk menambah wawasan siswa. Selain itu kami datang kejakarta merupakan syarat untuk mengikuti ujian akhir.
Jadi kesimpulan kami tentang kegiatan study tour ini adalah :
-          Dengan studytour ke tempat bersejarah dapat meningkatkan wawasan siswa dan dapat menghargai jasa para pahlawan.
-          Dengan kita mengunjungi ketempat obyek wisata, kita dapat mengenal lingkungan luar di sekitar kita.
2.      Saran
Dalam pembuatan laporan perjalanan ini kami mempunyai saran – saran sebagai berikut :
-          Sebaiknya guru pembimbing harus lebih memperhatikan siswanya
-          Tingkatkan kesadaran akan kewajiban melaksanakan ibadah sholat wajib bagi semua saja baik pembimbing maupun peserta
-          Peninggalan yang bersejarah yang terdapat di Jakarta, tolong di jaga serta di rawat sebaik – baiknya.
Lampiran
Foto – foto obyek wisata

Daftar pustaka
-          Badan pengolahan PP IPTEK 2002. Panduan pusat peragaan IPTEK
-          Jakarta, I nyoman. 1975. Sejarah revolusi nasional dan pergerakan kemerdekaan.
-          Noto, susanto, dkk. 1922. Sejarah nasional Indonesia Jakarta.
-          PT. Inaku warsito 1997. IPS, sejarah nasional bangsa. Jakarta : erlangga
-          Departemen pendidikan dan kebudayaan. 1976. Sejarah nasional Jakarta
-          Jakarta : balai pustaka
-          Bandung dinas perindustrian dan perdagangan provinsi jawa barat profil industry menengah sepatu cibaduyut. Bandung.