SISTEM PENGISIAN Laporan PRAKEIN

Home » » SISTEM PENGISIAN Laporan PRAKEIN


YAYASAN KADER PENERUS TEKNOLOGI (YKPT)
SMK BOEDI OETOMO 2 GANDRUNGMANGU
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Jl. Raya Gandrungmangu No. 200 Telp. (0280) 526466

PENGESAHAN SEKOLAH

            Laporan pelaksanaan Praktek Kerja Industi (PRAKERIN) dengan Judul “Perawatan dan Perbaikan sistem pengisian” disusun oleh Andika Saputra, NIS           telah disertai dan disahkan oleh pihak SMK BOEDI OETOMO 2 Gandrungmangu Cilacap, sebagai syarat mengikuti Ujian Akhir Naional pada :


Hari                 :
Tanggal           :


                       Ketua Jurusan                                                 Guru Pembimbing



              Bambang Riyanto, S.Pd.                                        Muslikhudin, ST


Mengetahui,
Kepala SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu



Dewan Twi Kusumaningtyas, S.Hum
BENGKEL LIMA PUTRA
Jl. Raya Langensari

PENGESAHAN BENGKEL

            Laporan pelaksanaan Praktek Kerja Industi (PRAKERIN) dengan Judul “Perawatan dan Perbaikan sistem pengisian” disusun oleh Andika Saputra, NIS           telah disertai dan disahkan oleh pihak SMK BOEDI OETOMO 2 Gandrungmangu Cilacap, sebagai syarat mengikuti Ujian Akhir Naional pada :



Hari                 :
Tanggal           :



Mengesahkan,

                    Pimpinan Bengkel                                        Pembimbing Industri



                            Suratno                                                           Yadi






KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan ridhoya kami dapat menyelesaikan laporan karya tulis ini selama dua bulan kami melaksanakan praktek kerja industri, sehingga kami dapat memberikan rincian pengalaman kerja secara sistematis yang tersusun menjadi sebuah laporan.

Makna dan tujuan daru penulis laporan ini adalah untuk melengkapi syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu tahun pelajaran 2016.

Laporan ini tersusun berkat bantuan pihak, baik bantuan materil maupun langsung ataupun tidak langsung. Pada kesempatan yang baik ini penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada :

1.    Dewan Twi Kusumaningtyas, S.Hum, selaku kepala sekolah SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu.
2.    Bambang Riyanto, S.Pd selaku program keahlian TKR SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu Cilacap
3.    Muslikhudin, ST, selaku guru pembimbing laporan PSG yang telah memberikan petunjuk tentang pelaksanaan PSG
4.    Muslikhudin, ST, selaku wali kelas XI TKR 5
5.    Bapak/Ibu guru serta staf karyawan SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu Cilacap
6.    Suratno selaku pimpinan Bengkel Monex
7.    Teman – teman kelas XI TKR yang banyak membantu dan member motifasi, sehingga laporan ini dapat selesai dengan baik.

Penulis menyadari banyaknya keterbatasan serta kekurangan dalam penulisan. Laporan ini juma masih jauh dari kesempurnaan maka kritik dan saran yang berguna, sangat diharapkan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.

Gandrungmangu, ………………
Penulis



       





















MOTTO

·         Hidup tak berguna bila tanpa ilmu
·         Carilah ilmu sepanjang hidupmu
·         Jagalah isi hati temanmu, jangan sampai terluka
·         Ilmu adalah jendela kebersihan
·         Hidup tak berguna bila tidak memiliki teman
·         Karna hidup adalah perjuangan
·         Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya
·         Kejarlah cita-citamu sebelum mendapatkan cintamu
·         Jangan tinggalkan kewajiban seorang muslim
·         Berikan yang terbaik yang kita bias
·         Jangan cepatlah merasa puas, karena diatas langit masih ada langit lagi
















DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH.............................................................. ii
HALAMAN PENGESAHAN BENGKEL.............................................................. iii
KATA PENGANTAR.............................................................................................. iv
MOTTO..................................................................................................................... vi
DAFTAR ISI............................................................................................................. vii
DAFTAR GAMBAR................................................................................................ ix
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah................................................................................. 1
B.     Identifikasi Masalah....................................................................................... 1
C.     Batasan Masalah............................................................................................ 2
D.    Rumusan Masalah.......................................................................................... 2
E.     Tujuan............................................................................................................ 2
BAB II KAJIAN TEORI
A.    Pengertian...................................................................................................... 4
B.     Prinsip Kerja................................................................................................... 4
C.     Klasifikasi...................................................................................................... 4
BAB III PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA
A.    Sejarah Perusahaan......................................................................................... 7
B.     Struktur Organisasi........................................................................................ 7
C.     Tata Tertib...................................................................................................... 8
D.    Jam Kerja....................................................................................................... 8
E.     Denah Lokasi................................................................................................. 9
F.      Denah Bengkel............................................................................................... 10
BAB IV PEMBAHASAN
A.    Alternator....................................................................................................... 11
B.     Komponen Alternator.................................................................................... 11
C.     Pembongkaran Alternator.............................................................................. 16
D.    Pemeriksaan Regulator................................................................................... 19
E.     Pemasangan Alternator.................................................................................. 19
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan.................................................................................................... 21
B.     Saran.............................................................................................................. 21
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 23
LAMPIRAN..............................................................................................................























DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 Alternator.................................................................................................. 11
Gambar 2 Pully.......................................................................................................... 12
Gambar 3 Stator......................................................................................................... 12
Gambar 4 Rotor......................................................................................................... 13
Gambar 5 Rectifier..................................................................................................... 13
Gambar 6 Fan............................................................................................................. 14
Gambar 7 Bearing...................................................................................................... 14
Gambar 8 Rotor coil................................................................................................... 14
Gambar 9 Kutub........................................................................................................ 15
Gambar 10 Slip ring................................................................................................... 15
Gambar 11 Carbon Brush.......................................................................................... 16
Gambar 12 melepas baut tutup cover belakang......................................................... 16
Gambar 13 Melepas baut pengikat............................................................................. 16
Gambar 14 Memisahkan bagian depan belakang....................................................... 17
Gambar 15 Melepas baut regulator............................................................................ 17
Gambar 16 Membuka regulator................................................................................. 17
Gambar 17 Membuka stator....................................................................................... 18
Gambar 18 Melepas baut pully.................................................................................. 18
Gambar 19 Membuka pully........................................................................................ 18
Gambar 20 Alternator regulator................................................................................. 19
Gambar 21 Diode....................................................................................................... 19
Gambar 22 Rumah depan belakang........................................................................... 20







BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pemeliharaan sistem pengisian pada baterai sangatlah penting di dalam kendaraan bermotor, maka dari itu penulis ingin mempelajari lebih dlam lagi tentang pemeliharaan sistem pengisian pada baterai. Penulis ingin semua pemilik kendaraan atau semua orang bias paham tentang sistem pengisian baterai agar dalam berkendara menjadi lebih nyaman dan tidak terganggu.
Sistem pengisian baterai sangat butuh pemeliharaan agar dapat bekerja dengan baik selain itu baterai kadang – kadang disepelekan karena mudahnya dalam perawatan. Komponen-komponen sistem pengisian perlu diperhatikan karena mudah rusak komponennya.

B.       Identifikasi Masalah
Dari latar belakang di atas dapat kita sampaikan beberapa masalah yang kita sering terjadi pada sistem pengisian sebagai berikut :

1.      Terminal baterai sering rusak akibat kerosi
2.      Fan rusak
3.      Stator tidak bekerja
4.      Platina tidak bisa bekerja lagi
5.      Elektrolit kurang
6.      Regulator tidak bekerja dengan baik
7.      Alternator rusak
8.      Kebocoran baterai
9.      Kabel-kabel input baterai putus
10.  Klem terminal baterai kendor
11.  Kumparan dynamo terbakar
12.  Sel mengembang
13.  Armature tidak dapat berkembang
14.  Ventilasi udara tertutup
15.  Rusaknya separator

C.      Batasan Masalah
Mengingat banyaknya bantuk dan teknik dalam perawatan kendaraan serta keterbatasan waktu dan biaya yang tidak memungkinkan penulis menguraikan secara keseluruhan, maka dalam penulisan laporan ini penulis hanya dapat membahas tentang pemeliharaan sistem pengisian.

D.      Rumusan Masalah
1.      Apa yang menyebabkan terminal baterai sering rusak ?
2.      Apa penyebab fan bisa rusak ?
3.      Mengapa stator tidak bekerja ?
4.      Apa penyebab plating tidak bekerja?
5.      Apa yang menyebabkan elektrolit berkurang ?
6.      Mengapa regulator tidak bekerja dengan baik ?
7.      Apa penyebab alternator rusak ?
8.      Apa penyebab alternator rusak ?
9.      Apa penyebab kabel-kabel input ke baterai putus ?
10.  Mengapa klem terminal baterai kotor ?
11.  Apa penyebab kumparan dynamo terbakar ?
12.  Apa penyebab sel bisa mengembang ?
13.  Apa penyebab armature tidak dapat berputar ?
14.  Apa penyebab ventilasi udara tertutup ?
15.  Apa penyebab rusaknya separator ?

E.     Tujuan
1.      Tujuan umum pembuatan laporan ini adalah untuk membantu pemilik kendaraan khususnya mobil agar dapat menangani gangguan pada kendaraan.
2.      Tujuan khusus membantu pemilik kendaraan dalam pemeliharaan sistem pengisian




























BAB II
KAJIAN TEORI

A.    Pengertian
Sistem pengisian merupakan sistem yang mempunyai fungsi menyediakan atau menghasilkan arus listrik yang nantinya akan dimanfaatkan oleh komponen kelistrikan pada kendaraan dam sekaligus mengisi ulang arus pada baterai.
Baterai pada kendaraan merupakan sumber arus listrik . arus searah sifat muatannya adalah akan habis jika dipakai terus secara kontinu. Padahal keperluan arus listrik bagi perlengkapan kendaraan adalah setiap saat. Utamanya akan banyak dihabiskan oleh sistem stater muatan listrik baterai akan berkurang bahkan habis apabila komponen kelistrikan kendaraan dihidupkan saat mesin mati. Demikian agar baterai selalu siap pakai dalam arti muatannya penuh. Maka harus ada suatu sistem yang dapat mengisi ulang muatan. Nah sistem pengisian inilah yang dapat mempunyai fungsi tersebut. Sistem pengisian berkerja pabila mesin dalam keadaan berputar selam mesin hidup sistem pengisian yang akan mempunyai arus listrik bagi semua komponen kelistrikan yang ada.

B.     Prinsip Kerja
Bila kunci kontak dalam posisi on, arus dari baterai akan mengalir ke rotor dan merangsang rotor coil, pada waktu yang sama arus baterai juga mengalir ke lampu pengisian (CHG) dan akibatnya lampu menjadi menyala on.

C.    Klasifikasi
Sistem pengisian dibedakan menjadi 3 yaitu :
·         Putaran lambat
-          Tegangan netral
-          Tegangan yang keluar (out put voltage)
-          Tegangan yang menuju ke rotor coil
-          Tegangan ke baterai
·         Putaran sedang
-          Tegangan netral
-          Tegangan yang keluar (out put voltage)
-          Tegangan yang menuju ke rotor coil
-          Tegangan ke baterai
·         Putaran cepat
-          Tegangan netral
-          Tegangan yang keluar
-          Tegangan yang menuju ke rotor coil
-          Tegangan ke baterai

Ø  Putaran lambat
a.       Tegangan netral
N Alt -> N.reg. Voltage relay -> E Reg -> massa
Akibatnya timbul kemagneten ke relay
b.      Tegangan yang keluar
B Alt -> B reg -> P2 Voltage relay -> Po Voltage relay ->voltage reg -> E Alt -> Massa
Akibatnya voltage reg timbul kemagnetan
c.       Tegangan yang menuju rotor coil
B Alt -> B reg -> fuse -> 10 switch -> 10 reg -> P1 V.Reg -> P10 Volt Reg -> terminal F Reg -> F. Alt -> Slip Ring  -> Rotor coil -> rotor coil -> E. Alt -> Massa
d.      Tegangan ke baterai

Ø  Putaran Sedang
a.       Tegangan netral
N Alt -> N.reg. Voltage relay -> E Reg -> massa
Akibatnya timbul kemagneten ke relay
b.      Tegangan yang keluar
B Alt -> B reg -> P2 Voltage relay -> Po Voltage relay ->voltage reg -> E Alt -> Massa
Akibatnya voltage reg timbul kemagnetan
c.       Tegangan yang menuju rotor coil
B Alt -> B reg -> fuse -> 10 switch -> 10 reg -> P1 V.Reg -> P10 Volt Reg -> terminal F Reg -> F. Alt -> Slip Ring  -> Rotor coil -> rotor coil -> E. Alt -> Massa
d.      Tegangan ke baterai
B Alt -> B reg -> Baterai -> beban

Ø  Putaran Sedang
a.       Tegangan netral
N Alt -> N.reg. Voltage relay -> E Reg -> massa
Akibatnya timbul kemagneten ke relay
b.      Tegangan yang keluar
B Alt -> B reg -> P2 Voltage relay -> Po Voltage relay ->voltage reg -> E Alt -> Massa
Akibatnya voltage reg timbul kemagnetan
c.       Tegangan yang menuju rotor coil
B Alt -> B reg -> fuse -> 10 switch -> 10 reg -> P1 V.Reg -> P10 Volt Reg -> terminal F Reg -> F. Alt -> Slip Ring  -> Rotor coil -> rotor coil -> E. Alt -> Massa
d.      Tegangan ke baterai
B Alt -> B reg -> Baterai -> beban





BAB III
PROFIL PERUSAHAAN

A.    Sejarah Perusahaan
Bengkel Lima Putra yang beralamat di Jln. Langensari adalah salah satu bengkel sederhana, namun letaknya cukup setrategis, serta dapat dijangkau dari arah manapun.
Bengkel Lima Putra didirikan oleh Bpk Suratno  pada tahun 2001 dia adalah seorang yang sudah sangat lama bekerja di duniaotomotif yaitu tahun 1972 hingga sekarang.
Bpk Suratno, dia berjuang mengembangkan bengkelnya dengan tujuan untuk menghidupi kekurangnya dan ingin memajukan dunia industri di Indonesia khususnya di perbengkelan. Pada saat itu dia mempunyai 2 orang karyawan dan Alhamdulillah konsumennya semakin banyak, karena pelayanannya memuaskan dan di imbangi dengan ketelitian untuk memuaskan konsumennya. Bapak Suratno berinisiatif  membuka atau menerima panggilan perbaikan kendaraan dimana dan kapanpun dengan tujuan mengenalkan bengkelnya dengan lebih luas, dan sekarang dia sudah berhasil mewujudkannya.

B.       Struktur Organisasi
PIMPINAN BENGKEL
BPK. SURATNO
MEKANIK 1
YADI
MEKANIK 4
DIMANG
 











Tugas dan Wewenang
1.      Pimpinan bengkel        : bertanggung jawab sepenuhnya atas bengkel
2.      Mekanik                      : melaksanakan dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh pimpinan bengkel

C.      Tata Tertib
1.        Dilarang bercanda pada waktu kerja
2.        Sopan terhadap pelanggan yang sedang menyervis mobilnya
3.        Bekerja dengan teratur
4.        Membersihkan dan merapihkan kembali bila meninggalkan tempat kerja/bengkel
5.        Tidak boleh membuat keributan
6.        Menggunakan pakaian yang sudah ditentukan oleh sekolah

D.      Jam Kerja
Hari
Jam Masuk
Jam Pulang
Shift 1
Shift 2
Shift 1
Shift 2
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
Minggu
08.00
08.00
08.00
08.00
08.00
08.00
Libur
12.00
12.00
12.00
12.00
12.00
12.00
Libur
12.30
12.30
12.30
12.30
12.30
12.30
Libur
17.00
17.00
17.00
17.00
17.00
17.00
Libur






E.       Denah Lokasi
1
4
Jalan Raya Sidareja
U
Dari Cilacap
 2
3
 5






Text Box: Jalan Cikalong


Text Box: Dari Pangandaran
 










Keterangan :
1.      Bengkel Mobil Monex
2.      Kantor Polisi
3.      Pos Polisi Lampu Merah
4.      Terminal Sidareja
5.      Alun – alun Sidareja







F.            Denah Bengkel
2
3
 






Keterangan :
1.      Tempat kerja
2.      Kotak kunci
3.      Tempat istirahat



















BAB IV
PEMBAHASAN

A.           Alternator
Alternator adalah suatu komponen dari mesin yang biasa disebut sebagai dinamocas. Alternator berguna menstabilkan arus baterai agar penyediaan arus oleh baterai bisa menyuplai  kesegala komponen yang membutuhkan energy listrik.
Alternator menghasilkan arus bolak balik. Alternator menyuplai kebutuhan listrik sewaktu mesin hidup, tetapi apabila jumlah pemakaian listrik sewaktu mesin hidup, tetapi apabila jumlah pemakaian listrik lebih besar dari pada yang dihasilkan alternator maka baterai ikut memakai beban kelistrikan tersebut.
Gambar 1 Alternator
B.           Komponen
-          Pully
-          Stator
-          Rotor
-          Rectifier
-          Fan
-          Bearing
-          Rotor coil
-          Kutub
-          Slip ring
-          Brus carbon

·         Pully
Pully berfungsi meneruskan putaran mesin ke alternator dan membuat perbandingan putaran antara putaran mesin dan alternator
Gambar 2 pully
·         Startor
Startor berfungsi untuk membangkitkan tegangan bolak-balik. Startor terdiri dari startor core (inti) dan kemampuan startor dan diletakan pada frame depan dan belakang, startor core dibuat dari beberapa lapis plat besi tipis dan mempunyai alur pada bagian dalamnya untuk mendapatkan kumparan starter.
Gambar 3 startor
·         Rotor
Rotor berfungsi sebagai pembangkit medan magnet. Rotor terdiri dari inti kutub, kompnen medan, slip ring, poros, dan lain-lain.
Gambar 4. Rotor
·         Rectifier
Rectifier berfungsi untuk menyearahkan arus listrik, terdiri dari 6 dan 8 diode. Diode hanya dapat dialiri arus listrik secara satu arah saja. Prinsip diode inilah yang digunakan untuk mengubah arus AC yang dibangkitkan di kumparan startor menjadi arus DC.
Gambar 5. Rectifier

·         Fan
Fan berfungsi untuk mendinginkan seluruh komponen-komponen bagian dalam alternator.
Gambar 6. Fan
·         Bearing
Bearing berfungsi untuk memperhalus putaran rotor sehingga rotor lebih tahan lama digunakan.
Gambar 7. Bearing
·         Rotor Coil
Rotor Coil berfungsi untuk membangkitkan pengapian
Gambar 8. Rotor Coil
·         Kutub
Kutub berfungsi sebagai kutub magnet
Gambar 9. Kutub
·         Slip Ring
Slip Ring terletak di dalam rotor. Slip ring ada dua yaitu slip ring negatif dan slip ring positif. Slip ring berfungsi sebagai terminal kumparan rotor.
Gambar 10. Slip Ring
·         Carbon Brush
Carbon Brush berfungsi sebagai penyuplai arus ke listrik ke rotor untuk menghasilkan kemagnetan dan mengalirkan arus ke kumparan rotor melalui slip ring.
Gambar 11. Carbon brush

C.           Pembongkaran Alternator
1.    Beka baut tutup cover belakang alternator
Gambar 12. Melepas tutup cover belakang
2.    Buka baut pengikat bagian depan dan belakang
Gambar 13. Melepas baut pengikat
3.    Pisahkan bagian depan dan belakang
Gambar 14. Memisahkan bagian depan belakang
4.    Buka baut regulator
Gambar 15. Melepas baut regulator
5.    Buka regulator dan carbon brush
Gambar 16. Membuka regulator
6.    Buka startor dan cover belakang
Gambar 17. Mebuka stator
7.    Buka baut pully
Gambar 18. Melepas baut pully
8.    Buka pully, fan, bearing dan rotor dari cover depan
Gambar 19. Membuka pully

D.           Pemeriksaan Alternator Regulator
1.    Lepaskan penutup alternator regulator
2.    Periksa permukaan titik kontak apabila ada pencemaran bersihkan permukaan
3.    Apabila titik kontak tidak ada kerusakan, lepaskan regulator
4.    Periksa resistansi antar terminal, pastikan restansi
5.    Periksa hubungan tiap terminal batrai menggunakan Avometer.
Gambar 20. Alternator Regulator

E.           Pemasangan Alternator
1.         Solder gulungan startor dengan diode-diode sesuai rangkaian kemudian masukan startor pada rumah belakang dan pasang plat diode-diode. Jaga gulungan startor dari benturan benda keras.
2.         Control isolasi plat diode positif dengan lampu control dan bersihkan sisa-sisa timah penyolderan.
Gambar 21. Diode
3.         Pasang bantalan pada rotor dengan di press mengunakan alat khusus (beri oli supaya pengoprasian mudah dan pasang bantalan dengan rotor pada rumah depan)
4.         Tahan sikat-sikat dengan batang khusus (kawat las) supaya tidak patah saat unit rumah depan dengan unit rumah belakang di rakit.
5.         Rakit unit rumah depan dan unit belakang dengan posisi yang betul dan baut pengikat rumah.
Gambar 22. Rumah depan dan belakang
6.         Langkah terakhir control kondisi mekanis alternator, tidak boleh ada suara berisik, macet atau longgar.












BAB V
PENUTUP

Dengan terselesainya penulisan laporan ini penulis mengucapkan syukur Alhamdulillah hirobbil’alamiin. Walaupun dengan hasil yang tidak begitu baik penulis masih dalam tahap belajar.
Semoga laporan ini dapat menambah pengetahuan bagi penulis dan pembaca yang budiman dan apabila masih ada kekurangan ataupun kegagalan dari laporan ini penulis sangat mengharapkan maaf dan saran pembaca.

A.      Kesimpulan
Dari data-data dan informasi yang dikumpulkan oleh penulis yang kemudian diuraikan dalam bentuk bab demi bab maka penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut.
1.      Dengan cara mengikuti praktek Industri para siswa dapat membandingkan antara teori sekolah dan bengkel.
2.      Pengendara menjadi tidak nyaman apabila suatu sistem pengisian baterai salah satunya tidak bekerja dengan baik
3.      Tujuan praktek kerja Industri adalah menambahkan wawasan kreatifitas dan menambahkan potensi siswa di bidang perotomotifan, serta menambah disiplin siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah. Juga menerapkan bentuk siswa yang memiliki etos kerja yang tinggi.

B.       Saran
Dengan selesainya seluruh rangkaian kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) penulis memberikan beberapa saran, yaitu :
1.      Agar kompetensi siswa pendidikan dan pelatihan (siswa) semakin baik. Sebaliknya waktu pelaksanaan Praktek Kerja Industri (prakerin) diperpanjang
2.      Untuk mencari tempat pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) siswa sebaiknya berusaha seawall mungkin karena pada saat bersamaan siswa dari sekolah lain sedang mencari tempat.



























DAFTAR PUSTAKA

 Anonym (2015) modul pengujian, pemeliharaan/servis dan penggantian doppenes
Team (1995), New step I training manual, Jakarta Toyota Astra Motor
Thanks for reading SISTEM PENGISIAN Laporan PRAKEIN

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment