SISTEM PENDINGIN RADIATOR

Home » » SISTEM PENDINGIN RADIATOR
SISTEM PENDINGIN RADIATOR

Artikel kali ini membahas tentang Sistem Pendingin Radiator. tak usah panjang lebar langsung saja mari kita cek artikel dibawah ini.
Prinsip Kerja Sistem Pendingin
Prinsip kerja sistem pendingin adalah panas dari hasil pembakaran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar dan silinder sebagian di serap oleh air pendingin setelah melalui dinding silinder dan kemudian di rambatkan menuju water jacket panas tadi kemudian terbawa oleh aliran air pada water jacket besarnya panas yang di hasilkan dari ruang bakar harus mampu di serap secara efektif oleh sistim pendingin intinya semakin besar panas yang di hasilkan aliran air pun harus semakin besar.


Gambar 1.Prinsip kerja sistem pendingin
w  Cara kerja
Pada mesin dingin tekanan pada sistem pendingin di pompa oleh pompa air dan bersirkulasi dari water pump ke water jacket ke by pas hose kembali lagi ke water pump,karena pada saat ini mesin masih dingin dan air pun masih dingin menyebabkan katup thermosstat masih tertutup,pada saat mesin masih dingin air tidak bersirkulasi melalui radiator hal ini bertujuan agar air pendingin dan mesin cepat mencapai suhu kerja max.
Pada mesinpanas (mencapai suhu kerja) kira kira temeratur 85derajad celcius thermostat mulai terbuka dan katup by pass tertutup dalam by pass sircuit sehingga aliran air pendingin mengalir dari radiaor ke lower hose ke water pump,ke water jacket,ke uper hose dan kembali ke radiator untuk di dinginkan dengan kipas dan udara yang di hasilkan dari gerakan maju mundur kendaraan tersebut,hasil pembakaran yang menjadi tenaga mekanis hanya sekitar 23% sebagian menjadi gas buang36% hilang akibat gesekan  minyak pelumas7% dan sisanya di serap oleh pendingin sekitar 33%


Gambar 2.Cara kerja sistem pendingin

1)      Klasifikasi
o   Sistem pendingin air aliran paksa
 Sistem pendingin air aliran paksa adalah sistem pendingin yang bekerja akibat adanya perbedaan masa jenis air,jadi bersirkulasinya sistem ini di karenakan perbedaan massa jenis,keunggulan sistem pendingin air ini adalah kesempurnaan pada saat mendinginkan mesin,kelemahannya adalah terlalu banyak komponen.


Gambar 3. Sistem pendingin air paksa
o   Sistem pendingin air aliran alami
Adalah sistem pendingin yang bekerja sesuai perbedaan massa jenis air sistem pendingin ini contohnya banyak di gunakan penggilingan padi,kelebihannya adalah tidak terlalu rumit konstruksinya,kelemahannya adalah sistem pendingin ini tidak terlalu sempurna pada saat mendinginkan mesin.


Gambar 4. Sistem pendingin air alami
o   Sistem pendingin udara aliran paksa
Adalah sistem dengan menggunakan suatu alat untuk memproses pendinginan blower dan arah pengarah,kelebihannya adalah cepat mengurangi panas dari mesin,kelemahannya terlalu banyak komponen.
  

Gambar 5.sistem pendingin udara aliran paksa
o   Sistem pendingin udara aliran alami
           Adalah sistem pendingin dengan menggunakan aliran udara yang berhembus melewati mesin sewaktu sepeda motor berjalan dengan laju kencang,kelebihannya adalah tidak memerlukan banyak komponen,tidak membutuhkan kipas,kelemahannya adalah suara mesin kasar jika terkena kotoran sirip-sirip tidak bekerja dengan efektif.

   Demikianlah artikel tentang Sistem pendingin radiator. untuk kelanjutan artikel kita akan membahas tentang Komponen-komponen sistem pendingin radiator yang akan kita bahas Klik disini
Thanks for reading SISTEM PENDINGIN RADIATOR

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment