LAPORAN STUDI TOUR KE JAKARTA
PENGESAHAN
Laporan ini di setujui dan disahkan
sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti ujian akhir sekolah / ujian
nasional (UAS / UN ) pada SMP N 1 Atap Gandrungmangu tahun pelajaran 2013/2014
pada:
Hari :
Tanggal :
Mengetahui
Kepala sekolah
SMP N 1 Atap
Gandrungmangu Pembimbing
Sukamto,
S, pd Rodiyati
D2, S. pd,
MOTTO
1. Pendidikan
adalah bekal untuk masa depan
2. Kegagalan
adalah sukses yang tertunda
3. Kesuksesan
berasal dari kemauan yang kuat
PERSEMBAHAN
Laporan perjalanan ini penulis
mempersembahkan kepada :
1. Bapak
kepala sekolah
2. Bapak/Ibu
guru pembimbing kami yang telah mengarahkan kami dalam pembuatan karya tulis
ini.
3. Kakak
– kakak kelasku yang telah membantu dan mendukung kami dalam pembuatan karya
tulis ini.
4. Teman
– teman kami yang telah member motivasi sehingga kami dapat membuat karya tulis
ini dengan baik.
5. Kedua
orang tua kami tercinta yang telah membimbing dan member dukungan secara moral
dan materi kepada kami.
6. Semua
pihak yang telah membantu penulisan dalam pembuatan laporan ini.
KATA PENGANTAR
Puji syukur Kehadirat Allah SWT,
yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya sehingga dapat menyelesaikan
karya tulis ini tanpa ada halangan suatu apapun.
Dengan membaca laporan ini, wawasan
dan pengetahuan pembaca menjadi bertambah. Kami juga tidak lupa mengucapkan
terikasih kepada :
1. Bapak Soekamto S, Pd, selaku kepada sekolah yang
telah mengkoordinir para guru dan siswa
2. Ibu
Rodiyati Dzakiyatun S, Pd, selaki wali kelas sekaligus pembimbing yang telah
banyak memberi pengarahan, membantu dan membimbing kami dalam pembuatan karya
tulis ini.
3. Teman
– teman kami yang saling membantu dalam pembuatan laporan ini.
4. Keluarga
tercinta yang telah membantu dan mendukung kami dalam pembuatan laporan ini.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
PENGESAHAN
MOTTO
PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
B. Tujuan
obyek kunjungan
C. Alas
an pemilihan judul
D.
Metode penulisan
BAB II OBYEK YANG DI KUNJUNGI
1. GSA
(Gelanggang Samudra Ancol)
2. Dufan
(Dunia Fantasi)
3. Pantai
Samudra Biru Ancol
4. Museum
Lubang Buaya
5. TMII
6. PP
IPTEK
7. Studio
ANTV (pesbukers)
8. Wisata
belanja cibaduyut
9. Pusat
oleh – oleh sarimanis
BAB III DOKUMENTASI
FOTO – FOTO LOKASI YANG DI KUNJUNGI
BAB IV PENUTUP
1. Kesimpulan
2. Saran
LAMPIRAN
FOTO – FOTO OBYEK WISATA
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Latar belakang diadakannya widya
wisata adalah untuk menambah wawasan dan cakrawala siswa. Siswa juga dapat
mempraktekan secara langsung pengetahuan yang di sampaikan langsung oleh guru.
Kegiatan ini juga program osis unggulan yang rutin dilakukan setiap tahunnya.
Pada tahun angkatan kami ini, kamu menuju obyek wisata yaitu sebagai berikut :
1. GSA
(Gelanggang Samudra Ancol)
2. Dufan
3. Lubang
Buaya
4. TMII
5. PP
IPTEK
6. Pesbukers
7. Cibaduyut
8. Sarimanis
B. Tujuan
obyek kunjungan
Kegiatan karya tulis widya wisata ini merupakan
program osis yang bertujuan untuk :
1. Menambah
wawasan siswa.
2. Mempraktekan
teori secara langsung
3. Untuk
mengikuti dan melengkapi syarat ujian nasional (UN)
C. Alas
an pemilihan judul
Kami memilih judul ini karena ide
pokok dari kelompok kami
D. Metode
penulisan
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
B. Tujuan
penulisan
C. Alas
an pemilihan judul
D.
Metode penulisan
BAB II OBYEK YANG DI KUNJUNGI
BAB III DOKUMENTASI
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
LAMPIRAN
BAB II
OBJEK YANG DI KUNJUNGI
1. GSA
(Gelanggang Samudra Ancol)
Kami sampai di GSA sekitar pukul
08:30 WIB, sebelum turun dari bus kami membeli tiket masuk terlebih dahulu,
setelah itu kami langsung turun dari bus dan menuju pintu masuk. Sebelum masuk
kedalam, tangan kami harus di stempel, stempel tersebut sangat beguna, karena
dengan stempel tersebut kami dapat menikmati wahana yang ada di GSA.
Setelah itu kami masuk dan melihat
pertunjukan seperti :
Singa laut, pertunjukannya sangat
seru dan menarik. Singa lautnya sudah terlatih kami sangat kagum pada hewan
tersebut, karena hewan tersebut mengerti apa yang di katakana oleh pelatihnya.
Setelah ±15 menit kami menyaksikan pertunjukan singa laut, lalu kami menuju
wahana kedua yaitu 4 dimensi ( film spongebob squarepants) yang berdurasi ±15
menit. Setelah itu kami menuju wahana yang ketiga yaitu 3 dimensi (drama putri
duyung) drama ini menceritakan tentang putrid duyung yang ketakutan karena
kerajaan miliknya akan di rebut oleh si gurita yang sangat kejam dan jahat.
Setelah kami menikmati pertunjukan
yang terdapat di GSA, kami melanjutkan perjalanan menuju Dufan. Namun sebelum
meuju ke dufankami makan siang terlebih dahulu, sehabis makan siang kami menuju
ke parkiran bus untuk mengambil alat sholat, untuk melaksanakan sholat dzuhur
dan asyar secara di jamak dan berjamaah. Setelah selesai melaksanakan sholat
kami melanjutkan perjalanan menuju dufan yang tempatnya tidak jauh dari GSA.
2. DUFAN
(Dunia Fantasi)
Kami sampai dufan sekitar pukul
11.30 WIB, dufan adalah obyek yang sangat kami nanti – nantikan, karena di dalam
dufan terdapat banyak permainan yang dapat di coba.
Sebelum masuk kedalam, tangan kami
harus di stempel terlebih dahulu, setelah itu kami dapat menikmati wahana –
wahana yang terdapat di dalam dufan, disana banyak wahana yang dapat di coba
seperti :
1. Halilintar
2. Tornado
3. Hysteria
4. Arum
jeram
5. Ice
age
6. Nia
gara – gara
7. Istana
boneka
8. Kereta
gantung
9. Biang
lala
10. Kora
– kora
11. Poci
– poci
12.
Ontang – anting Dll.
Hari mulai sore setelah kami puas menikmati wahana
yang ada di dalam dufan, kami langsung menuju rumah makan laut biru. Disana
kami makan malam, setelah makan malam kami
menuju pantai laut biru ancol.
3. Pantai
samudra biru ancol
Dipantai samudra ancol kami semua sangat senang, ada
yang berfoto – foto dan ada juga yang naik perahu. Padahal tidak diperbolehkan
oleh bapak atau ibu guru Karen hari sudah mulai gelap.
-
Sejarah pantai samudra ancol
Taman impian jaya ancol sudah berdiri sejak abad ke
17. Waktu itu Gubernur Jendral Hindia Blanda, Adrian Valckenier memiliki rumah
peristirahatan sangat indah di pantai. Seiring perjalanan waktu, kawasan itu
kemudian berkembang menjadi tempat wisata. Sayangnya ketika perang dunia II
meletus disusul perang kemerdekaan. Ancol terlupakan, sungai ciliwung secara
leluasa menumpahkan air dan lumpurnya kesana, sehingga menyebabkan kawasan
tersebut menjadi kotor, kumuh dan berlumpur. Lewat keputusan presiden pada
akhir 1965, bung Karno memerintah kepada Gubernur DKI Jaya waktu itu, Dr
Soemarno sebagai pelaksana pembangunan proyek taman impian jaya ancol. Proyek
ini baru terlaksana dibawah pimpinan Alisadikin. Yang waktu itu menjadi gubernur Jakarta. Sejak awal berdirinya pada
tahun 1966, ancol sudah di tunjukan sebagai kawasan eisata terpadu oleh
pemerintah provinsi DKI Jakarta yang membentuk PT pembangunan jaya sebagai
bulan pelaksana pembangunan (BPP) sejalan dengan perkembangan perusahaan yang
semakin meningkat pada tahun 1992 status badan pelaksana pembangunan (BPP)
proyek ancol di ubah menjadi PT pembangunan jaya ancol sesuai dengan akta
perubahan no 33 tanggal 10 juli 1992 sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan
prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT pembangunan jaya dan
80% dimiliki oleh pemda DKI Jakarta,. Pada tanggal 2 juli 2014, ancol melakukan
“go public” dan mengganti statusnya menjadi PT pembangunan jaya ancol terbaik
dengan kepemilikan saham 72% oleh pemda DKI Jakarta, dan 18% oleh PT
pembangunan jaya dan 10% oleh masyarakat.
4. Museum
lubang buaya
Setelah semalam beristirahat di asrama haji pondok
gede, kami melanjutkan perjalanan ke lubang buaya pada esok harinya. Kami
melanjutkan perjalanan ke lubang buaya pukul 08.00. sampai di sana kami di
ceritakan tentang sejarah sumur lubang buaya oleh pemandu, lubang buaya adalah
sebuag tempat di kawasan pondok gede, Jakarta yang menjadi tempat pembuangan
para korban G 30 S PKI, pada tanggal 30 September 1965. Secara spesitif, sumur
lubang terletak di kelurahan lubang buaya kecamatan cipayun, Jakarta timur.
Lubang buaya pada terjadinya G 30 SPKI, saat itu merupakan pusat pelatihan
milik komunis Indonesia. Saat ini tempat tersebut berdiri lapangan peringatan
lubang buaya yang berisi monumen pancasila, sebuah museum diorama, sumur tempat
para korban di buang, serta sebuah ruangan relic.
Nama lubang buaya sendiri berasal dari sebuah
legenda yang mengatakan bahwa ada buaya – buaya putih di sungai yang teletak di
kawasan itu. Di lubang buaya terdapat patung elang dan pahlawan, patung elang
itu sangat besar. Selain itu juga terdapat rumah yang di dalamnya ketujuh
pahlawan di siksa dan di bunuh. Terdapat mobil yang di gunakan untuk mengangkut
orang – orang.
Setelah mendengarkan sejarah lubang buaya kami
langsung menuju sumur lubang buaya, setelah itu kami berfoto bersama di depan
patung pahlawan revolusi, setelah lama kemudian, kami melanjutkan perjalan ke
TMII dan PP IPTEK.
5. Taman
mini Indonesia indah (TMII)
Kami sampai di TMII kira – kira pukul 09.45 WIB,
namun kami tidak langsung turun, kami berkeliling – keliling memutari taman
mini sambil melihat – lihat pemandangan dan rumah adat Indonesia.
Rumah adat Indonesia yang terdapat di taman mini
Indonesia sangat indah dan bagus diantaranya seperti rumah adat jawa barat,
jawa tengah, jawa timur, Sumatra, NTT, NTB,papua, DIY,dan lain- lain. Kami
mengelilingi TMII ±20 menit untuk melihat beberapa rumah adat yang ada disana.
6. PP
IPTEK (pusat peragaan ilmu dan teknologi)
Kami sampai di PP IPTEK sekitar pukul 10.20 WIB,
sebelum kami di beri pengarahan dan bimbingan kami masuk satu persatu. Di dalam
gedung PP IPTEK terdapat 300 alat peraga yang di bagi dalam 10 zona.
Di setiap alat peraga terdapat petunjuk dan cara
memainkannya. Kami sangat terkagum pada sepeda kawat,sepeda yang dapat berjalan di atas kawat tanpa terjatuh
dan alat peraga De Graf yaitu alat peraga yang dapat membuat rambut kami
berdiri.
Alat peraga yang lain seperti :
Bola listrik
Katrol
Rumah gempa
Telur unik
Gelombang transversal
Penampakan gejala yang tidak tampak, dll
Setelah mencoba beberapa alat peraga yang ada
didalam PP IPTEK kami berjalan – jalan sambil berfoto – foto dan membeli
beberapa cendera mata (accessories) yang terdapat di luar gedung PP IPTEK,
setelah kami membeli cendra mata kami menuju parkiran bus dan di beri makan
untuk makan siang, setelah selesai kami istirahat sejenak, setelah beberapa
menit kami melanjutkan perjalanan kami le pesbukers.
7. Pesbukers
Kami sampai di pesbukers pukul
15.00, sebelum acara di mulai kami melaksanakan sholat dhuzur dan ashar secara
di jamak dengan bergantian. Pesbukers merupakan sebuah acara televise yang di
tayangkan oleh ANTV setiap hari, pada pukul 18.00 – 19.00 WIB. Acara pertama
kali mulai pada tanggal 25 juli 2011 dengan artis :
-
Olga Syahputra - Jessika Iskandar
-
Billy Syahputra - Kartika Putri
-
Raffi Ahmad -
Syahnas
-
Chan Kelvin - Opik Kumis
-
Tara Budiman - Sapri
Yang berisi acara yang berhubungan
dengan anak gaul (ABG) dan di siarkan selama 60 menit (15 menit sebelum adzan
maghrib dan di lanjutkan 3 menit setelah iklan). Pesbukers pernah memenangkan
Panasonic Gobel Award 2013 dan Panasonic Gobel Award 2014 untuk kategori
program komedi terbaik.
Setelah selesai acara pesbukers,
kami melanjutkan perjalanan ke cibaduyut. Namun sebelum melanjutkan perjalanan
ke cibaduyut, kami mampir ke sebuah rumah makan terlebih dahulu untuk
melaksanakan sholat subuh dan makan. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke
wisata berbelanja cibaduyut.
8. Cibaduyut
Cibaduyut adalah salah satu obyek
yang kami kunjungi, kami sampai di cibaduyut kira – kira pukul 00.50 WIB,
sesampai di sana kami langsung turun dari bus untuk memulai berbelanja.
Disana kami berbelanja pakaian,
boneka, accessories, buah, dan lain – lain. Setelah kami puas berbelanja, kami
melanjutkan perjalanan ke pusat oleh – oleh sarimanis.
9. Sarimanis
/ Oleh – Oleh
Kami sampai di sarimanis pada pukul
03.12 WIB. Semua siswa turun dari bus untuk membeli oleh – oleh makanan. Tetapi
ada juga beberapa siswa yang tidak membeli oleh – oleh karena ketiduran. Di
sarimanis ada yang membeli dodol dan kue – kue kering. Setelah membeli oleh –
oleh di sarimanis, kami melanjutkan perjalanan kami untuk pulang kerumah.
Bab III Dokumentasi
Foto – foto lokasi yang di kunjungi
Bab IV
Penutup
1. Kesimpulan
Kegiatan widya wisata ini merupakan program osis
unggulan yang diadakan setiap tahunnya, yang berguna untuk menambah wawasan
siswa. Selain itu kami datang kejakarta merupakan syarat untuk mengikuti ujian
akhir.
Jadi kesimpulan kami tentang kegiatan study tour ini
adalah :
-
Dengan studytour ke tempat bersejarah
dapat meningkatkan wawasan siswa dan dapat menghargai jasa para pahlawan.
-
Dengan kita mengunjungi ketempat obyek
wisata, kita dapat mengenal lingkungan luar di sekitar kita.
2. Saran
Dalam pembuatan laporan perjalanan ini kami
mempunyai saran – saran sebagai berikut :
-
Sebaiknya guru pembimbing harus lebih
memperhatikan siswanya
-
Tingkatkan kesadaran akan kewajiban
melaksanakan ibadah sholat wajib bagi semua saja baik pembimbing maupun peserta
-
Peninggalan yang bersejarah yang
terdapat di Jakarta, tolong di jaga serta di rawat sebaik – baiknya.
Lampiran
Foto – foto obyek wisata
Daftar pustaka
-
Badan pengolahan PP IPTEK 2002. Panduan
pusat peragaan IPTEK
-
Jakarta, I nyoman. 1975. Sejarah
revolusi nasional dan pergerakan kemerdekaan.
-
Noto, susanto, dkk. 1922. Sejarah
nasional Indonesia Jakarta.
-
PT. Inaku warsito 1997. IPS, sejarah
nasional bangsa. Jakarta : erlangga
-
Departemen pendidikan dan kebudayaan.
1976. Sejarah nasional Jakarta
-
Jakarta : balai pustaka
-
Bandung dinas perindustrian dan
perdagangan provinsi jawa barat profil industry menengah sepatu cibaduyut.
Bandung.
0 comments:
Post a Comment