YAYASAN KADER PENERUS
TEKNOLOGI (YKPT)
SMK BOEDI OETOMO 2 GANDRUNGMANGU
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN
RINGAN
Jl.
Raya Gandrungmangu No. 200 Telp. (0280) 526466
PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan pelaksanaan Praktek Kerja Industi (PRAKERIN)
dengan Judul “Perawatan dan Perbaikan sistem pengisian” disusun oleh Krisyanto,
NIS telah disertai dan disahkan
oleh pihak SMK BOEDI OETOMO 2 Gandrungmangu Cilacap, sebagai syarat mengikuti
Ujian Akhir Naional pada :
Hari :
Tanggal :
Ketua Jurusan Guru Pembimbing
Bambang Riyanto, S.Pd. Muslikhudin, ST
Mengetahui,
Kepala SMK Boedi Oetomo 2
Gandrungmangu
Dewan
Twi Kusumaningtyas, S.Hum
BENGKEL MONEX
Jl. Raya
Cikalong, Cisangi -
Sidareja
PENGESAHAN BENGKEL
Laporan pelaksanaan Praktek Kerja Industi (PRAKERIN)
dengan Judul “Perawatan dan Perbaikan sistem pengisian” disusun oleh Krisyanto,
NIS telah disertai dan disahkan
oleh pihak SMK BOEDI OETOMO 2 Gandrungmangu Cilacap, sebagai syarat mengikuti
Ujian Akhir Naional pada :
Hari :
Tanggal :
Mengesahkan,
Pimpinan Bengkel Pembimbing Industri
Slamet Riyadi Riyan
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan ridhoya
kami dapat menyelesaikan laporan karya tulis ini selama dua bulan kami
melaksanakan praktek kerja industri, sehingga kami dapat memberikan rincian
pengalaman kerja secara sistematis yang tersusun menjadi sebuah laporan.
Makna
dan tujuan daru penulis laporan ini adalah untuk melengkapi syarat untuk
mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di SMK Boedi
Oetomo 2 Gandrungmangu tahun pelajaran 2016.
Laporan
ini tersusun berkat bantuan pihak, baik bantuan materil maupun langsung ataupun
tidak langsung. Pada kesempatan yang baik ini penulis ingin mengucapkan
terimakasih kepada :
1. Dewan
Twi Kusumaningtyas, S.Hum, selaku kepala sekolah SMK Boedi Oetomo 2
Gandrungmangu.
2. Bambang
Riyanto, S.Pd selaku program keahlian TKR SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu
Cilacap
3. Muslikhudin,
ST, selaku guru pembimbing laporan PSG yang telah memberikan petunjuk tentang
pelaksanaan PSG
4. Muslikhudin,
ST, selaku wali kelas XI TKR 5
5. Bapak/Ibu
guru serta staf karyawan SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu Cilacap
6. Slamet
Riyadi selaku pimpinan Bengkel Monex
7. Teman
– teman kelas XI TKR yang banyak membantu dan member motifasi, sehingga laporan
ini dapat selesai dengan baik.
Penulis
menyadari banyaknya keterbatasan serta kekurangan dalam penulisan. Laporan ini
juma masih jauh dari kesempurnaan maka kritik dan saran yang berguna, sangat
diharapkan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi
pembaca umumnya.
Gandrungmangu,
………………
Penulis
MOTTO
·
Hidup tak berguna bila tanpa ilmu
·
Carilah ilmu sepanjang hidupmu
·
Jagalah isi hati temanmu, jangan sampai
terluka
·
Ilmu adalah jendela kebersihan
·
Hidup tak berguna bila tidak memiliki
teman
·
Karna hidup adalah perjuangan
·
Manfaatkan waktu luang dengan
sebaik-baiknya
·
Kejarlah cita-citamu sebelum mendapatkan
cintamu
·
Jangan tinggalkan kewajiban seorang
muslim
·
Berikan yang terbaik yang kita bias
·
Jangan cepatlah merasa puas, karena
diatas langit masih ada langit lagi
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL................................................................................................ i
HALAMAN
PENGESAHAN SEKOLAH.............................................................. ii
HALAMAN
PENGESAHAN BENGKEL.............................................................. iii
KATA
PENGANTAR.............................................................................................. iv
MOTTO..................................................................................................................... vi
DAFTAR
ISI............................................................................................................. vii
DAFTAR
GAMBAR................................................................................................ ix
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah................................................................................. 1
B. Identifikasi
Masalah....................................................................................... 1
C. Batasan
Masalah............................................................................................ 2
D. Rumusan
Masalah.......................................................................................... 2
E. Tujuan............................................................................................................ 2
BAB
II KAJIAN TEORI
A. Pengertian...................................................................................................... 4
B. Prinsip
Kerja................................................................................................... 4
C. Klasifikasi...................................................................................................... 4
BAB
III PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA
A. Sejarah
Perusahaan......................................................................................... 7
B. Struktur
Organisasi........................................................................................ 7
C. Tata
Tertib...................................................................................................... 8
D. Jam
Kerja....................................................................................................... 8
E. Denah
Lokasi................................................................................................. 9
F. Denah
Bengkel............................................................................................... 10
BAB
IV PEMBAHASAN
A. Alternator....................................................................................................... 11
B. Komponen
Alternator.................................................................................... 11
C. Pembongkaran
Alternator.............................................................................. 16
D. Pemeriksaan
Regulator................................................................................... 19
E. Pemasangan
Alternator.................................................................................. 19
BAB
IV PENUTUP
A. Kesimpulan.................................................................................................... 21
B. Saran.............................................................................................................. 21
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................... 23
LAMPIRAN..............................................................................................................
DAFTAR GAMBAR
Gambar
1 Alternator.................................................................................................. 11
Gambar
2 Pully.......................................................................................................... 12
Gambar
3 Stator......................................................................................................... 12
Gambar
4 Rotor......................................................................................................... 13
Gambar
5 Rectifier..................................................................................................... 13
Gambar
6 Fan............................................................................................................. 14
Gambar
7 Bearing...................................................................................................... 14
Gambar
8 Rotor coil................................................................................................... 14
Gambar
9 Kutub........................................................................................................ 15
Gambar
10 Slip ring................................................................................................... 15
Gambar
11 Carbon Brush.......................................................................................... 16
Gambar
12 melepas baut tutup cover belakang......................................................... 16
Gambar
13 Melepas baut pengikat............................................................................. 16
Gambar
14 Memisahkan bagian depan belakang....................................................... 17
Gambar
15 Melepas baut regulator............................................................................ 17
Gambar
16 Membuka regulator................................................................................. 17
Gambar
17 Membuka stator....................................................................................... 18
Gambar
18 Melepas baut pully.................................................................................. 18
Gambar
19 Membuka pully........................................................................................ 18
Gambar
20 Alternator regulator................................................................................. 19
Gambar
21 Diode....................................................................................................... 19
Gambar
22 Rumah depan belakang........................................................................... 20
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Pemeliharaan sistem
pengisian pada baterai sangatlah penting di dalam kendaraan bermotor, maka dari
itu penulis ingin mempelajari lebih dlam lagi tentang pemeliharaan sistem
pengisian pada baterai. Penulis ingin semua pemilik kendaraan atau semua orang
bias paham tentang sistem pengisian baterai agar dalam berkendara menjadi lebih
nyaman dan tidak terganggu.
Sistem pengisian
baterai sangat butuh pemeliharaan agar dapat bekerja dengan baik selain itu
baterai kadang – kadang disepelekan karena mudahnya dalam perawatan.
Komponen-komponen sistem pengisian perlu diperhatikan karena mudah rusak
komponennya.
B.
Identifikasi
Masalah
Dari latar belakang di
atas dapat kita sampaikan beberapa masalah yang kita sering terjadi pada sistem
pengisian sebagai berikut :
1.
Terminal baterai sering rusak akibat
kerosi
2.
Fan rusak
3.
Stator tidak bekerja
4.
Platina tidak bisa bekerja lagi
5.
Elektrolit kurang
6.
Regulator tidak bekerja dengan baik
7.
Alternator rusak
8.
Kebocoran baterai
9.
Kabel-kabel input baterai putus
10.
Klem terminal baterai kendor
11.
Kumparan dynamo terbakar
12.
Sel mengembang
13.
Armature tidak dapat berkembang
14.
Ventilasi udara tertutup
15.
Rusaknya separator
C.
Batasan
Masalah
Mengingat banyaknya
bantuk dan teknik dalam perawatan kendaraan serta keterbatasan waktu dan biaya
yang tidak memungkinkan penulis menguraikan secara keseluruhan, maka dalam
penulisan laporan ini penulis hanya dapat membahas tentang pemeliharaan sistem
pengisian.
D.
Rumusan
Masalah
1.
Apa yang menyebabkan terminal baterai
sering rusak ?
2.
Apa penyebab fan bisa rusak ?
3.
Mengapa stator tidak bekerja ?
4.
Apa penyebab plating tidak bekerja?
5.
Apa yang menyebabkan elektrolit
berkurang ?
6.
Mengapa regulator tidak bekerja dengan
baik ?
7.
Apa penyebab alternator rusak ?
8.
Apa penyebab alternator rusak ?
9.
Apa penyebab kabel-kabel input ke
baterai putus ?
10.
Mengapa klem terminal baterai kotor ?
11.
Apa penyebab kumparan dynamo terbakar ?
12.
Apa penyebab sel bisa mengembang ?
13.
Apa penyebab armature tidak dapat
berputar ?
14.
Apa penyebab ventilasi udara tertutup ?
15.
Apa penyebab rusaknya separator ?
E.
Tujuan
1.
Tujuan umum pembuatan laporan ini adalah
untuk membantu pemilik kendaraan khususnya mobil agar dapat menangani gangguan
pada kendaraan.
2.
Tujuan khusus membantu pemilik kendaraan
dalam pemeliharaan sistem pengisian
BAB II
KAJIAN TEORI
A.
Pengertian
Sistem pengisian
merupakan sistem yang mempunyai fungsi menyediakan atau menghasilkan arus
listrik yang nantinya akan dimanfaatkan oleh komponen kelistrikan pada
kendaraan dam sekaligus mengisi ulang arus pada baterai.
Baterai pada kendaraan
merupakan sumber arus listrik . arus searah sifat muatannya adalah akan habis
jika dipakai terus secara kontinu. Padahal keperluan arus listrik bagi
perlengkapan kendaraan adalah setiap saat. Utamanya akan banyak dihabiskan oleh
sistem stater muatan listrik baterai akan berkurang bahkan habis apabila komponen
kelistrikan kendaraan dihidupkan saat mesin mati. Demikian agar baterai selalu
siap pakai dalam arti muatannya penuh. Maka harus ada suatu sistem yang dapat
mengisi ulang muatan. Nah sistem pengisian inilah yang dapat mempunyai fungsi
tersebut. Sistem pengisian berkerja pabila mesin dalam keadaan berputar selam
mesin hidup sistem pengisian yang akan mempunyai arus listrik bagi semua
komponen kelistrikan yang ada.
B.
Prinsip
Kerja
Bila kunci kontak dalam
posisi on, arus dari baterai akan mengalir ke rotor dan merangsang rotor coil,
pada waktu yang sama arus baterai juga mengalir ke lampu pengisian (CHG) dan
akibatnya lampu menjadi menyala on.
C.
Klasifikasi
Sistem pengisian
dibedakan menjadi 3 yaitu :
·
Putaran lambat
-
Tegangan netral
-
Tegangan yang keluar (out put voltage)
-
Tegangan yang menuju ke rotor coil
-
Tegangan ke baterai
·
Putaran sedang
-
Tegangan netral
-
Tegangan yang keluar (out put voltage)
-
Tegangan yang menuju ke rotor coil
-
Tegangan ke baterai
·
Putaran cepat
-
Tegangan netral
-
Tegangan yang keluar
-
Tegangan yang menuju ke rotor coil
-
Tegangan ke baterai
Ø Putaran
lambat
a. Tegangan
netral
N Alt -> N.reg. Voltage relay -> E
Reg -> massa
Akibatnya timbul kemagneten ke relay
b. Tegangan
yang keluar
B Alt -> B reg -> P2 Voltage relay
-> Po Voltage relay ->voltage reg -> E Alt -> Massa
Akibatnya voltage reg timbul kemagnetan
c. Tegangan
yang menuju rotor coil
B Alt -> B reg -> fuse -> 10
switch -> 10 reg -> P1 V.Reg -> P10 Volt Reg -> terminal F Reg
-> F. Alt -> Slip Ring -> Rotor
coil -> rotor coil -> E. Alt -> Massa
d. Tegangan
ke baterai
Ø Putaran
Sedang
a. Tegangan
netral
N Alt -> N.reg. Voltage relay -> E
Reg -> massa
Akibatnya timbul kemagneten ke relay
b. Tegangan
yang keluar
B Alt -> B reg -> P2 Voltage relay
-> Po Voltage relay ->voltage reg -> E Alt -> Massa
Akibatnya voltage reg timbul kemagnetan
c. Tegangan
yang menuju rotor coil
B Alt -> B reg -> fuse -> 10
switch -> 10 reg -> P1 V.Reg -> P10 Volt Reg -> terminal F Reg
-> F. Alt -> Slip Ring -> Rotor
coil -> rotor coil -> E. Alt -> Massa
d. Tegangan
ke baterai
B Alt -> B reg -> Baterai ->
beban
Ø Putaran
Sedang
a. Tegangan
netral
N Alt -> N.reg. Voltage relay -> E
Reg -> massa
Akibatnya timbul kemagneten ke relay
b. Tegangan
yang keluar
B Alt -> B reg -> P2 Voltage relay
-> Po Voltage relay ->voltage reg -> E Alt -> Massa
Akibatnya voltage reg timbul kemagnetan
c. Tegangan
yang menuju rotor coil
B Alt -> B reg -> fuse -> 10
switch -> 10 reg -> P1 V.Reg -> P10 Volt Reg -> terminal F Reg
-> F. Alt -> Slip Ring -> Rotor
coil -> rotor coil -> E. Alt -> Massa
d. Tegangan
ke baterai
B Alt -> B reg -> Baterai ->
beban
BAB III
PROFIL PERUSAHAAN
A.
Sejarah
Perusahaan
Bengkel Mobil Monex
yang beralamat di Jln. Cisagu Cikalong Sidareja adalah salah satu bengkel
sederhana, namun letaknya cukup setrategis, serta dapat dijangkau dari arah manapun.
Bengkel Mobil Monex
didirikan oleh Bpk Slamet Riyadi pada tahun 2001 dia adalah seorang yang sudah
sangat lama bekerja di duniaotomotif yaitu tahun 1972 hingga sekarang.
Bpk Slamet Riyadi, dia
berjuang mengembangkan bengkelnya dengan tujuan untuk menghidupi kekurangnya
dan ingin memajukan dunia industri di Indonesia khususnya di perbengkelan. Pada
saat itu dia mempunyai 6 orang karyawan dan Alhamdulillah konsumennya semakin
banyak, karena pelayanannya memuaskan dan di imbangi dengan ketelitian untuk
memuaskan konsumennya. Bapak Slamet Riyadi berinisiatif membuka atau menerima panggilan perbaikan
kendaraan dimana dan kapanpun dengan tujuan mengenalkan bengkelnya dengan lebih
luas, dan sekarang dia sudah berhasil mewujudkannya.
B.
Struktur
Organisasi
PIMPINAN
BENGKEL
BPK. SLAMET RIYADI
|
MEKANIS
2
Adul
|
MEKANIS
5
Nano
|
MEKANIS
1
Dartoyo
|
MEKANIS
4
Nyonyo
|
MEKANIS
6
Bawor
|
MEKANIS
3
Riyan
|
Tugas dan Wewenang
1.
Pimpinan bengkel : bertanggung jawab sepenuhnya atas bengkel
2.
Mekanik :
melaksanakan dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh pimpinan
bengkel
C.
Tata
Tertib
1.
Dilarang bercanda pada waktu kerja
2.
Sopan terhadap pelanggan yang sedang
menyervis mobilnya
3.
Bekerja dengan teratur
4.
Membersihkan dan merapihkan kembali bila
meninggalkan tempat kerja/bengkel
5.
Tidak boleh membuat keributan
6.
Menggunakan pakaian yang sudah
ditentukan oleh sekolah
D.
Jam
Kerja
Hari
|
Jam Masuk
|
Jam Pulang
|
||
Shift 1
|
Shift 2
|
Shift 1
|
Shift 2
|
|
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
Minggu
|
08.00
08.00
08.00
08.00
08.00
08.00
Libur
|
12.00
12.00
12.00
12.00
12.00
12.00
Libur
|
12.30
12.30
12.30
12.30
12.30
12.30
Libur
|
17.00
17.00
17.00
17.00
17.00
17.00
Libur
|
E.
Denah
Lokasi
1
|
4
|
Jalan
Raya Sidareja
|
U
|
Dari
Cilacap
|
2
|
3
|
5
|
Keterangan :
1.
Bengkel Mobil Monex
2.
Kantor Polisi
3.
Pos Polisi Lampu Merah
4.
Terminal Sidareja
5.
Alun – alun Sidareja
F.
Denah
Bengkel
2
|
3
|
Keterangan :
1.
Tempat kerja
2.
Kotak kunci
3.
Tempat istirahat
BAB IV
PEMBAHASAN
A.
Alternator
Alternator adalah suatu
komponen dari mesin yang biasa disebut sebagai dinamocas. Alternator berguna
menstabilkan arus baterai agar penyediaan arus oleh baterai bisa menyuplai kesegala komponen yang membutuhkan energy
listrik.
Alternator menghasilkan arus bolak
balik. Alternator menyuplai kebutuhan listrik sewaktu mesin hidup, tetapi
apabila jumlah pemakaian listrik sewaktu mesin hidup, tetapi apabila jumlah
pemakaian listrik lebih besar dari pada yang dihasilkan alternator maka baterai
ikut memakai beban kelistrikan tersebut.
Gambar
1 Alternator
B.
Komponen
-
Pully
-
Stator
-
Rotor
-
Rectifier
-
Fan
-
Bearing
-
Rotor coil
-
Kutub
-
Slip ring
-
Brus carbon
·
Pully
Pully
berfungsi meneruskan putaran mesin ke alternator dan membuat perbandingan
putaran antara putaran mesin dan alternator
Gambar 2 pully
·
Startor
Startor
berfungsi untuk membangkitkan tegangan bolak-balik. Startor terdiri dari
startor core (inti) dan kemampuan startor dan diletakan pada frame depan dan
belakang, startor core dibuat dari beberapa lapis plat besi tipis dan mempunyai
alur pada bagian dalamnya untuk mendapatkan kumparan starter.
Gambar 3 startor
·
Rotor
Rotor
berfungsi sebagai pembangkit medan magnet. Rotor terdiri dari inti kutub,
kompnen medan, slip ring, poros, dan lain-lain.
Gambar 4. Rotor
·
Rectifier
Rectifier
berfungsi untuk menyearahkan arus listrik, terdiri dari 6 dan 8 diode. Diode
hanya dapat dialiri arus listrik secara satu arah saja. Prinsip diode inilah
yang digunakan untuk mengubah arus AC yang dibangkitkan di kumparan startor
menjadi arus DC.
Gambar 5. Rectifier
·
Fan
Fan
berfungsi untuk mendinginkan seluruh komponen-komponen bagian dalam alternator.
Gambar 6. Fan
·
Bearing
Bearing
berfungsi untuk memperhalus putaran rotor sehingga rotor lebih tahan lama
digunakan.
Gambar 7. Bearing
·
Rotor
Coil
Rotor
Coil berfungsi untuk membangkitkan pengapian
Gambar 8. Rotor Coil
·
Kutub
Kutub
berfungsi sebagai kutub magnet
Gambar 9. Kutub
·
Slip
Ring
Slip
Ring terletak di dalam rotor. Slip ring ada dua yaitu slip ring negatif dan
slip ring positif. Slip ring berfungsi sebagai terminal kumparan rotor.
Gambar 10. Slip Ring
·
Carbon
Brush
Carbon
Brush berfungsi sebagai penyuplai arus ke listrik ke rotor untuk menghasilkan
kemagnetan dan mengalirkan arus ke kumparan rotor melalui slip ring.
Gambar 11. Carbon brush
C.
Pembongkaran
Alternator
1. Beka
baut tutup cover belakang alternator
Gambar
12. Melepas tutup cover belakang
2. Buka
baut pengikat bagian depan dan belakang
Gambar
13. Melepas baut pengikat
3. Pisahkan
bagian depan dan belakang
Gambar
14. Memisahkan bagian depan belakang
4. Buka
baut regulator
Gambar
15. Melepas baut regulator
5. Buka
regulator dan carbon brush
Gambar
16. Membuka regulator
6. Buka
startor dan cover belakang
Gambar
17. Mebuka stator
7. Buka
baut pully
Gambar
18. Melepas baut pully
8. Buka
pully, fan, bearing dan rotor dari cover depan
Gambar
19. Membuka pully
D.
Pemeriksaan
Alternator Regulator
1. Lepaskan
penutup alternator regulator
2. Periksa
permukaan titik kontak apabila ada pencemaran bersihkan permukaan
3. Apabila
titik kontak tidak ada kerusakan, lepaskan regulator
4. Periksa
resistansi antar terminal, pastikan restansi
5. Periksa
hubungan tiap terminal batrai menggunakan Avometer.
Gambar
20. Alternator Regulator
E.
Pemasangan
Alternator
1.
Solder gulungan startor dengan
diode-diode sesuai rangkaian kemudian masukan startor pada rumah belakang dan
pasang plat diode-diode. Jaga gulungan startor dari benturan benda keras.
2.
Control isolasi plat diode positif
dengan lampu control dan bersihkan sisa-sisa timah penyolderan.
Gambar
21. Diode
3.
Pasang bantalan pada rotor dengan di
press mengunakan alat khusus (beri oli supaya pengoprasian mudah dan pasang
bantalan dengan rotor pada rumah depan)
4.
Tahan sikat-sikat dengan batang khusus
(kawat las) supaya tidak patah saat unit rumah depan dengan unit rumah belakang
di rakit.
5.
Rakit unit rumah depan dan unit belakang
dengan posisi yang betul dan baut pengikat rumah.
Gambar
22. Rumah depan dan belakang
6.
Langkah terakhir control kondisi mekanis
alternator, tidak boleh ada suara berisik, macet atau longgar.
BAB V
PENUTUP
Dengan
terselesainya penulisan laporan ini penulis mengucapkan syukur Alhamdulillah
hirobbil’alamiin. Walaupun dengan hasil yang tidak begitu baik penulis masih
dalam tahap belajar.
Semoga
laporan ini dapat menambah pengetahuan bagi penulis dan pembaca yang budiman
dan apabila masih ada kekurangan ataupun kegagalan dari laporan ini penulis
sangat mengharapkan maaf dan saran pembaca.
A.
Kesimpulan
Dari data-data dan
informasi yang dikumpulkan oleh penulis yang kemudian diuraikan dalam bentuk
bab demi bab maka penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut.
1.
Dengan cara mengikuti praktek Industri
para siswa dapat membandingkan antara teori sekolah dan bengkel.
2.
Pengendara menjadi tidak nyaman apabila
suatu sistem pengisian baterai salah satunya tidak bekerja dengan baik
3.
Tujuan praktek kerja Industri adalah
menambahkan wawasan kreatifitas dan menambahkan potensi siswa di bidang
perotomotifan, serta menambah disiplin siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah.
Juga menerapkan bentuk siswa yang memiliki etos kerja yang tinggi.
B.
Saran
Dengan selesainya
seluruh rangkaian kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) penulis memberikan
beberapa saran, yaitu :
1.
Agar kompetensi siswa pendidikan dan
pelatihan (siswa) semakin baik. Sebaliknya waktu pelaksanaan Praktek Kerja
Industri (prakerin) diperpanjang
2.
Untuk mencari tempat pelaksanaan
kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) siswa sebaiknya berusaha seawall
mungkin karena pada saat bersamaan siswa dari sekolah lain sedang mencari
tempat.
DAFTAR PUSTAKA
Anonym (2015) modul pengujian,
pemeliharaan/servis dan penggantian doppenes
Team (1995), New step I
training manual, Jakarta Toyota Astra Motor
0 comments:
Post a Comment