SISTEM PENDINGIN RADIATOR
Artikel kali ini membahas tentang Sistem Pendingin Radiator. tak usah panjang lebar langsung saja mari kita cek artikel dibawah ini.
Prinsip Kerja Sistem Pendingin
Prinsip Kerja Sistem Pendingin
Prinsip
kerja sistem pendingin adalah panas dari hasil pembakaran bahan bakar dan udara
dalam ruang bakar dan silinder sebagian di serap oleh air pendingin setelah
melalui dinding silinder dan kemudian di rambatkan menuju water jacket panas
tadi kemudian terbawa oleh aliran air pada water jacket besarnya panas yang di
hasilkan dari ruang bakar harus mampu di serap secara efektif oleh sistim
pendingin intinya semakin besar panas yang di hasilkan aliran air pun harus
semakin besar.
Gambar
1.Prinsip kerja sistem pendingin
w Cara
kerja
Pada mesin dingin tekanan pada sistem
pendingin di pompa oleh pompa air dan bersirkulasi dari water pump ke water
jacket ke by pas hose kembali lagi ke water pump,karena pada saat ini mesin
masih dingin dan air pun masih dingin menyebabkan katup thermosstat masih
tertutup,pada saat mesin masih dingin air tidak bersirkulasi melalui radiator
hal ini bertujuan agar air pendingin dan mesin cepat mencapai suhu kerja max.
Pada mesinpanas (mencapai suhu kerja)
kira kira temeratur 85derajad celcius thermostat mulai terbuka dan katup by
pass tertutup dalam by pass sircuit sehingga aliran air pendingin mengalir dari
radiaor ke lower hose ke water pump,ke water jacket,ke uper hose dan kembali ke
radiator untuk di dinginkan dengan kipas dan udara yang di hasilkan dari
gerakan maju mundur kendaraan tersebut,hasil pembakaran yang menjadi tenaga
mekanis hanya sekitar 23% sebagian menjadi gas buang36% hilang akibat
gesekan minyak pelumas7% dan sisanya di
serap oleh pendingin sekitar 33%
Gambar 2.Cara kerja
sistem pendingin
1)
Klasifikasi
o Sistem
pendingin air aliran paksa
Sistem pendingin air aliran paksa adalah
sistem pendingin yang bekerja akibat adanya perbedaan masa jenis air,jadi
bersirkulasinya sistem ini di karenakan perbedaan massa jenis,keunggulan sistem
pendingin air ini adalah kesempurnaan pada saat mendinginkan mesin,kelemahannya
adalah terlalu banyak komponen.
Gambar 3. Sistem pendingin
air paksa
o Sistem
pendingin air aliran alami
Adalah
sistem pendingin yang bekerja sesuai perbedaan massa jenis air sistem pendingin
ini contohnya banyak di gunakan penggilingan padi,kelebihannya adalah tidak
terlalu rumit konstruksinya,kelemahannya adalah sistem pendingin ini tidak
terlalu sempurna pada saat mendinginkan mesin.
Gambar
4. Sistem pendingin air alami
o Sistem
pendingin udara aliran paksa
Adalah
sistem dengan menggunakan suatu alat untuk memproses pendinginan blower dan
arah pengarah,kelebihannya adalah cepat mengurangi panas dari
mesin,kelemahannya terlalu banyak komponen.
Gambar
5.sistem pendingin udara aliran paksa
o Sistem
pendingin udara aliran alami
Adalah sistem pendingin dengan menggunakan aliran udara yang berhembus melewati mesin sewaktu sepeda motor berjalan dengan laju kencang,kelebihannya adalah tidak memerlukan banyak komponen,tidak membutuhkan kipas,kelemahannya adalah suara mesin kasar jika terkena kotoran sirip-sirip tidak bekerja dengan efektif.
Demikianlah artikel tentang Sistem pendingin radiator. untuk kelanjutan artikel kita akan membahas tentang Komponen-komponen sistem pendingin radiator yang akan kita bahas Klik disini
Adalah sistem pendingin dengan menggunakan aliran udara yang berhembus melewati mesin sewaktu sepeda motor berjalan dengan laju kencang,kelebihannya adalah tidak memerlukan banyak komponen,tidak membutuhkan kipas,kelemahannya adalah suara mesin kasar jika terkena kotoran sirip-sirip tidak bekerja dengan efektif.
Demikianlah artikel tentang Sistem pendingin radiator. untuk kelanjutan artikel kita akan membahas tentang Komponen-komponen sistem pendingin radiator yang akan kita bahas Klik disini
0 comments:
Post a Comment